PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

  • Muhammad Anwar Universitas Negeri Semarang
  • Lintang Rizqy Septiani Universitas Negeri Semarang
  • Nur Khayatun Universitas Negeri Semarang
Keywords: Media Interaktif, Minat Belajar, PBL (Problem Based Learning)

Abstract

Penelitian ini dilatari oleh permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika di kelas dimana minat siswa terhadap pembelajaran matematika masih rendah. Banyak yang beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit akibatnya banyak yang kurang menyukai pembelajaran matematika. Rendahnya minat belajar tidak mendorong siswa untuk maju lebih jauh sehingga mengakibatkan hasil belajar matematika siswa rendah. Penggunaan model dan media pembelajaran merupakan faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Media Interaktif terhadap minat belajar matematika siswa. Sumber data dikumpulkan melalui artikel atau jurnal yang terkait untuk dikaji. Metode yang digunakan yaitu studi literatur. Data direview dari semua artikel atau jurnal yang diterbitkan dalam kurun waktu 8 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembeajaran Problem Based Learning dan Media Interaktif berpengaruh positif terhadap pembelajaran matematika. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Media Interaktif dinilai efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa sehingga nantinya diharapkan mampu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Published
2023-01-27