PERANAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu model yang dapat dipadankan dengan kemampuan pemecahan adalah model pembelajaran Problem-Based Learning bernuansa Etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan dari model pembelajaran PBL bernuansa Etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur, dimana metode ini dilakukan dengan cara mengkaji sumber yang ada dan melakukan pengumpulan data dengan mengambil data di pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran model pembelajaran PBL bernuansa Etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik sangat besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sudah banyak sekali peranan model PBL dengan nuansa etnomatematika dalam membantu peserta didik dalam meningkatkan pemecahan masalah terutama pada soal-soal kontekstual. Dengan begitu PBL bernuansa Etnomatematika dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik.