PERANAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

  • Nur Ivo Karina Zuhri Universitas Negeri Semarang
  • Riski Agustina Universitas Negeri Semarang
  • Winda Universitas Negeri Semarang
Keywords: Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model PBL

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu model yang dapat dipadankan dengan kemampuan pemecahan adalah model pembelajaran Problem-Based Learning bernuansa Etnomatematika. Tujuan   penelitian   ini   adalah   untuk   mengetahui peranan dari model pembelajaran PBL bernuansa Etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur, dimana metode ini dilakukan dengan cara mengkaji sumber yang ada dan melakukan pengumpulan data dengan mengambil data di pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran model pembelajaran PBL bernuansa Etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik sangat besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sudah banyak sekali peranan model PBL dengan nuansa etnomatematika dalam membantu peserta didik dalam meningkatkan pemecahan masalah terutama pada soal-soal kontekstual. Dengan begitu PBL bernuansa Etnomatematika dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik.

Published
2023-01-27