EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ALAT MUSIK ANGKLUNG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Fika Luthfia Sari UIN KH. Abdurrahman Wahid
  • Nurul Husna Mustika Sari UIN KH. Abdurrahman Wahid
  • Milah Auliya UIN KH. Abdurrahman Wahid
  • Eka Damayanti UIN KH. Abdurrahman Wahid
  • Miftakhur Rizqoh UIN KH. Abdurrahman Wahid
Keywords: Etnomatematika, Angklung, Pembelajaran Matematika

Abstract

Matematika sebagai sebuah momok bagi siswa sebagaimana pembelajaran yang muncul terkesan kurang menarik dan membosankan. Banyak siswa yang menghindari bahkan membenci matematika karena perlunya fokus pada perhitungan dan angka-angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep matematika pada angklung serta memahami penerapan etnomatematka pada alat musik angklung. Maka, hal ini akan menjadi solusi pembelajaran matematika yang dapat menghilangkan kejenuhan  menjadi hal yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini berbentuk eksplorasi alat musik tradisional angklung dalam pembelajaran matematika, metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data yang ditemukan diperoleh dari hasil observasi langsung, wawancara, kajian pustaka, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa konsep matematika meliputi geometri yaitu bangun datar dan bangun ruang, himpunan, serta pola bilangan aritmatika. Oleh karena itu, alat musik tradisional angklung dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran matematika yang inovatif dan menyenangkan. selain memperkenalkan seni musik tradisional dan melestarikan budaya nusantara, siswa juga di ajak untuk berfikir kritis, mengamati, dan menelaah kemungkinan dalam sebuah musik sesuai petunjuk guru.

Published
2023-01-27