Efektivitas Media Smart Geometry Pop-up Books Bernunsa Kearifan Lokal Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Bangun Geometri Bagi Siswa Tunarungu

  • Jayanti Putri Purwaningrum Universitas Muria Kudus
  • Erly Nurviyani Universitas Muria Kudus
  • Atni Naila Agustina Universitas Muria Kudus
Keywords: siswa tunarungu, media pembelajaran, smart geometry pop-up books

Abstract

Keterbelakangan daya pikir dalam mengenal bangun geometri pada siswa tunarungu dan media yang digunakan oleh sekolah masih kurang efektif, menjadikan siswa tunarungu kesulitan dalam mengenal bangun geometri. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan treatment pembelajaran menggunakan media smart geometry pop-up books bagi siswa tunarungu, dan (2) Mengetahui pengaruh dari Bapak/Ibu Guru dalam megimplementasikan media pembelajaran smart geometry pop-up books berbasis digital dengan bernuansa kearifan lokal bagi siswa tunarungu. Berdasarkan metode penelitian quasi experiment dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah 5 siswa terdiri dari kelas IV dan V SLB N Cendono Kudus. Subjek ini dipilih dengan mempertimbangkan fasilitas penggunaan media dari sekolah dan penjelasan dari guru di kelas  Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan awal (pretest) dan tes kemampuan akhir (posttest). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tunarungu mengalami peningkatan sebanyak 85% setelah diberikan treatment dengan media smart geometry pop-up books dalam pengenalan bangun datar dan ruang pada kelas IV dan V SLB Negeri Cendono Kudus.

Published
2024-01-11