PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI ALJABAR SMP KELAS VII

  • Tasya Yuanda Sari Universitas Ahmad Dahlan
  • Syariful Fahmi
Keywords: Analisis, media pembelajaran, matematika

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menemukan hasil darisebuah analisis kebutuhan media pembelajaranmatematika di masa pandemic SMP Negeri 1 Prambanan. Proses pengambilan data menggunakanmetode wawancara dengan salah satu guru matematikadan penyebaran angket untuk peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Prambanan. Terdapat 4 pertanyaan untukguru dan 8 pertanyaan untuk peserta didik. Dari penyebaran angket didapatkan hasil 1) 69,6% pesertadidik tidak setuju bahwa matematika merupakan matapelajaran yang sulit; 2) 56,5% peserta didik tidak setujubahwa melalui pembelajaran daring (online) dapatdengan mudah memahami materi mata pelajaranmatematika; 3) 52,2% peserta didik setuju bahwamemahami materi mata pelajaran matematika melaluigoogle classroom dan whatsapp grup terasa sulit; 4) 52,2% peserta didik setuju bahwa sering terjadimiskomunikasi ketika menerima materi pembelajarandaring (online) yang dilakukan melalui platform google classroom dan whatsapp grup; 5) 60,9% peserta didiksetuju bahwa mereka lebih menyukai materi matapelajaran matematika disampaikan menggunakan video; 6) 65,2% setuju bahwa mereka lebih mudah memahamimateri mata pelajaran matematika menggunakan video yang mengandung gambar atau animasi; 7) 69,6% peserta didik setuju bahwa mereka lebih menyukaimateri mata pelajaran matematika disampaikanmenggunkan video daripada menggunakan whatsaap;8) 56,5% peserta didik setuju bahwa mereka terbantumemahami materi dengan penjelasan atau dijelaskanmelalui video.

Published
2022-01-31