ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES TERHADAP PEMBELAJARAN PADA MATERI MEMBANDINGKAN BILANGAN KELAS 2 SDN CIABAD

  • Siti Barkah Asalamah Siti
  • Samsul Pahmi Universitas Nusa Putra Sukabumi
Keywords: Anak Usia Sekolah Dasar, Example Non Examples, Materi Bilangan

Abstract

ABSTRACT

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pembelajaran example non examples di SDN Ciabad. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring), dengan cara mengunakan metode pembelajaran example non examples. Faktor-faktor pendukung serta faktor-faktor  penghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran daring dan luring di masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciabad. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SDN Ciabad. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket terbuka, wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah analisis penggunaan metode pembelajaran example non examples terhadap pembelajaran pada materi membandingkan bilangan kelas 2 SDN Ciabad, pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara langsung kini dialihkan menjadi pembelajaran daring dan luring. Peserta didik merasa jenuh dan bosan selama melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran daring dan luring yang dilakukan untuk anak usia sekolah dasar di rasa kurang efektif. Ada beberapa faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran daring dan luring yaitu ketersediannya handphone, kuota dan jaringan internet yang stabil. Selain adanya faktor yang mendukung dalam pembelajaran daring terdapat juga beberapa faktor penghambat guru dalam pembelajaran daring. Faktor penghambat tersebut diantaranya adalah belum semua peserta didik memiliki handphone dan masih banyak orang tua sibuk bekerja.

Published
2022-01-31