PENERAPAN METODE PBL SEBAGAI UPAYA GURU MENGATASI DISKALKULIA KELAS I A SD NEGERI CISAAT GADIS

  • Rosa Amalia Universitas Nusa Putra Sukabumi
  • Samsul Pahmi Universitas Nusa Putra Sukabumi
Keywords: Metode problem based learning, Diskalkulia, Peserta didik, Materi Pengukuran Panjang Benda, Matematika

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode problem based learning sebagai upaya guru dalam mengatasi serta membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika (diskalkulia) pada materi satuan pengukuran panjang benda dengan menggunakan satuan tidak baku, yaitu jengkal tangan. Penelitian dilakukan di SD Negeri Cisaat Gadis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Populasi penelitian adalah 28 peserta didik kelas 1 A semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel yang akan dijadikan penelitian nya yaitu satu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika (diskalkulia). Teknik pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Salah satu faktor yang menyebabkan anak mengalami diskalkulia yaitu kurangnya perhatian orang tua / wali di rumah untuk membimbing peserta didik diskalkulia dalam belajar. Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan menerapkan jam tambahan saat pulang sekolah, mengulang materi yang telah disampaikan, memberikan soal khusus, tambahan waktu saat mengerjakan soal, menggunakan model atau metode pembelajaran yang sesuai, menggunakan media pembelajaran, serta memberikan motivasi dan dukungan agar peserta didik diskalkulia selalu semangat untuk terus belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode problem based learning dapat membantu serta efektif untuk peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika (diskalkulia). Penelitian ini dapat menambah wawasan pengetahuan dalam bidang pendidikan, khususnya untuk peserta didik diskalkulia pada mata pelajaran matematika.

 

Published
2022-01-31