PENGARUH VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GABUNGAN BANGUN DATAR DI SDN CISAAT GADIS

  • Cantikka Silvana Putri Universitas Nusa Putra
  • Joko Suprapmanto Universitas Nusa Putra
Keywords: Video Animasi, Hasil Belajar, Peserta Didik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar materi gabungan bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri Cisaat Gadis, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat tahun pelajaran 2020/2021 semester II. Penelitian ini dilakukan karena melihat hasil nilai PTS matematika siswa yang lebih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya, karena media yang digunakan hanya berupa media visual seperti buku gambar terkait materi, ditambah kondisi pandemi covid-19 yang membuat kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara online. Hal ini mengakibatkan kurangnya ketertarikan siswa memperhatikan pembelajaran dan sulit memahami materi, dampaknya hasil belajar siswa banyak yang tidak mencapai standart KKM. Sehingga penelitian ini berfokus untuk mengetahui bagaimana penerapan video animasi dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar setelah diterapkan video animasi gabungan bangun datar tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen diperoleh sampel yaitu kelas IVA yang berjumlah 17 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IVB yang berjumlah 11 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen dari penelitian ini yakni tes soal tertulis dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Published
2022-01-31