PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

  • Ihwan Zulkarnain Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Silvia Septhiani Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Diah Oga Nusantari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: Kecerdasan Intrapersonal, Adversity Quotient, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan adversity quotient terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X jurusan Teknik Komputer Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Putra Pelita yang terletak di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor tahun ajaran 2021/ 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa yang dipilih dengan simple random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data berupa angket untuk kecerdasan intrapersonal dan adversity quotient serta tes pilihan ganda untuk prestasi belajar matematika. Berdasarkan Uji analisis data yang digunakan terdiri dari uji normalitas dengan chi kuadrat menghasilkan data berdistribusi normal. Sedangkan untuk uji linieritas (regresi) ketiga data dihasilkan data berpola linier. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji F diperoleh F_hitung > F_tabel (26,61 > 3,25) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis menolak H0. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dan adversity quotient terhadap prestasi belajar matematika.

Published
2023-01-26