PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

  • Nur Vania Fitra Universitas Negeri Semarang
  • Lilik Maysuri Sari Dewanti Universitas Negeri Semarang
  • Adhy Rinasya Jati Universitas Negeri Semarang
Keywords: Problem Based Learning, Keberhasilan Belajar, Matematika

Abstract

Matematika merupakan bidang ilmu yang bersifat universal. Sifat universal ini ditunjukkan dari kemampuan matematika dalam mendasari berbagai disiplin ilmu lainnya. Berdasarkan peran penting matematika tersebut maka pembelajaran matematika perlu diterapkan di setiap jenjang pendidikan, tak terkecuali jenjang pendidikan SD. Tujuan pelaksanaan pembelajaran matematika di SD yaitu mampu membekali peserta didik untuk memiliki pola pikir logis, analitis, kritis, sistematis sehingga dapat menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan matematika di kehidupan umum yang menjadi petunjuk berhasilnya belajar matematika. Untuk mencapai keberhasilan belajar matematika dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dengan arah pengembangan tujuan ialah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode Study Literature. Adapun penelitian menggunakan teknik analisis konten. Simpulan data yang didapat dari hasil penelitian tersebut, menjelaskan bahwa model PBL dapat memberikan pengaruh positif pada keberhasilan belajar matematika bagi peserta didik di SD. Pada pemberlakuan pembelajaran yang dilaksanakan ialah pembelajaran interaktif, ditunjukkan dengan adanya kegiatan timbal-balik dari hal bentuk sikap keaktifan peserta didik dalam kegiatan tanya-jawab dari pendidik. Selain itu, peserta didik pun aktif dalam bekerjasama untuk melakukan proses pembelajaran tindak-lanjut dalam penyelesaian masalah yang diberikan.

Published
2023-01-26