MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA LKPD

  • Siska Hanna Fidatul Syafitri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Fitria Sulistyowati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Keaktifan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran Matematika dengan strategi Discovery Learning berbantuan LKPD. Penelitian ini melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPFL A SMK Negeri 1 Sedayu tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 orang siswa laki-laki. Analisis data yaitu dengan memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data keaktifan belajar siswa, hasil tes dan data hasil observasi guru. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika siswa kelas X TPFL A SMK Negeri 1 Sedayu tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I sebanyak 4 siswa dan siklus II sebanyak 15 siswa. Hal ini sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Siklus I menunjukkan hasil belajar siswa sebesar 77,78% dan siklus II sebesar 91,67%. Hasil belajar tersebut meningkat sebesar 13,89%. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi peneliti lain untuk penelitian selanjutnya terkait peningkatan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Published
2023-01-27