LITERATURE REVIEW : EFEKTIVITAS APLIKASI WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Alifia Sabila Al-qonita Universitas Negeri Semarang
  • Nadaa Utada Aliputri Universitas Negeri Semarang
  • Pusparani Putri Kinasih Universitas Negeri Semarang
Keywords: Wordwall, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika, Systematic Literature Review

Abstract

Di era global society 5.0 masyarakat di dunia sudah mulai dituntut untuk menyeimbangkan kemajuan teknologi dan pengetahuan, bentuk penerapannya ialah dengan mengembangkan hard skill dan soft skill mereka melalui teknologi yang dikembangkan. Salah satu bentuk implementasiannya dalam dunia pendidikan ialah penggunaan aplikasi wordwall pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan berbagai kemampuan berpikir dan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah SLR (Systematic Literature Review) dimana peneliti mengumpulkan artikel terkait aplikasi wordwall dengan rentang waktu publikasi tahun 2021-2022, kemampuan sistematis dan pendidikan matematika untuk didokumentasikan dan di-review sebagai data pendukung penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil; 1) definisi  aplikasi wordwall, tujuan, dan peran pentingnya pada era global society 5.0 khususnya dalam bidang pendidikan, 2) adanya bukti bahwa terdapat respon positif pada siswa dalam pembelajaran matematika melalui aplikasi wordwall, 3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan aplikasi wordwall terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.

Published
2023-01-27