ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY
Abstract
Komunikasi matematis adalah hal yang penting dalam menyelesaikan masalah dalam matematika. Tetapi, pencapaian komunikasi matematis pada siswa masih tergolong rendah. Hal tersebut berkaitan dengan self efficacy pada siswa. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self efficacy. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilakukan di rumah anak yang bersangkutan. Subjek penelitian terdiri dari dua orang siswa kelas VII yang sudah mendapatkan materi operasi aljabar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik triangulasi atau gabungan, yaitu melalui instrumen tes, angket self efficacy, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi matematis dengan self efficacy. Siswa dengan self efficacy tinggi lebih baik daripada siswa dengan self efficacy sedang dan rendah dalam penguasaan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi bagi peneliti lain untuk penelitian selanjutnya.