ETNOMATEMATIKA PADA KEBUDAYAAN JAWA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA

  • Alifia Sri Agustin Universitas Negeri Semarang
  • Mentari Sekarwati Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Asdi Elvistoni Universitas Negeri Semarang
  • Nur Tsani Latifah Universitas Negeri Semarang
Keywords: Etnomatematika, Kebudayaan Jawa, Kemampuan Literasi

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi terhadap pandangan masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa konsep matematika tidak ada hubungan atau kaitannya dengan budaya daerah setempat. Sedangkan jika ditelisik lebih jauh, kehidupan sehari-hari masyarakat tidak pernah lepas dari konsep matematika begitu juga dalam konteks budaya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan etnomatematika dalam kebudayaan Jawa dapat diterapkan dalam model pembelajaran matematika guna mengembangkan kemampuan literasi matematis siswa. Etnomatematika dapat diartikan sebagai penggunaan konsep kearifan budaya untuk mempelajari matematika. Penggunaan budaya ini untuk menciptakan suasana belajar yang kontekstual sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga konsep matematika yang abstrak dapat dengan mudah dipahami secara baik. Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literatur Review yang merupakan metode penelitian dengan melakukan indentifikasi, peninjauan, pengevaluasian, dan menafsirkan berbagai penelitian terkait dengan tema yang dipilih. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kemampuan literasi matematis siswa dapat dikembangkan melalui penerapan etnomatematika dalam kebudayaan Jawa dalam model pembelajaran matematika.

Published
2023-01-27