SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR): KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

  • Theresia Vinanda Novitasari Universitas Negeri Semarang
  • Amara Sweetya Aulia Universitas Negeri Semarang
  • Amanda Putri Meirani Universitas Negeri Semarang
Keywords: Contextual Teaching and Learning, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek yang sangat berarti dalam matematika. Salah satu model pendidikan yang diprediksi bisa digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah merupakan model “Contextual Teaching and Learning” berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengenali kemampuan pemecahan masalah dengan model Contextual Teaching and Learning bernuansa etnomatematika yang ditinjau dari self-efficacy siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dimana dilakukan dengan cara mengkaji, mengevaluasi, dan menginterpretasi berbagai penelitian yang relevan terhadap rumusan masalah yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pelaksanaan model CTL berbasis etnomatematika dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam pelajaran dan membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menekuni modul tersebut. CTL berbasis etnomatematika dapat dikatakan efektif digunakan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa.

Published
2023-01-27