ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS TINGGI MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MATERI GEOMETRI BANGUN DATAR DITINJAU DARI TEORI VAN HIELE

  • Inggit Irenewati Universitas Negeri Semarang
  • Laely Noor Aulya Universitas Negeri Semarang
  • Annisa Luthfia Rahma Universitas Negeri Semarang
  • Salis Hadiana Putri Universitas Negeri Semarang
Keywords: Geometri, Kesulitan Belajar, Teori van Hiele

Abstract

Pembelajaran matematika memiliki peranan dalam pembentukan konsep berpikir pada siswa. Tingkat berpikir siswa merujuk kepada kemampuan mereka dalam menganalisis dan mereduksi konsep berpikir mereka ke dalam suatu masalah matematika. Salah satu objek pada matematika adalah geometri, salah satu cabang matematika yang bertujuan untuk menghubungkan unsur dan konsep geometri dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dalam pelaksanaannya siswa sering menemukan kesulitan belajar yang tentunya dapat menghambat proses kegiatan belajar mengajar. Hambatan belajar adalah situasi ketika peserta didik memiliki ketidakmampuan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan hambatan tertentu. Hambatan dalam pembelajaran geometri antara lain (1) peserta didik memiliki kesulitan dalam penggunaan konsep geometri (2) peserta didik memiliki kesulitan dalam penggunaan prinsip geometri (3) peserta didik memiliki kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal. Merujuk pada teori belajar Van Hiele solusi dalam menyelesaikan ketiga masalah tersebut dengan metode pembelajaran berdasarkan level pemahaman siswa terhadap geometri yang dibagi menjadi lima tahap pembelajaran. Pelaksanaan tahap pembelajaran Van Hiele mengacu pada perkembangan kemampuan dan kedewasaan siswa yang akan mempengaruhi proses penyampaian informasi kepada siswa. Pemahaman konsep ini dapat ditumbuhkan melalui kegiatan identifikasi, membandingkan, serta pengaplikasian konsep. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan memahami apa saja hambatan yang dialami siswa dalam proses belajar geometri serta menawarkan solusi terbaik untuk penyelesaiannya. Dengan menggunakan metode penelitian Studi Pustaka mampu mengumpulkan informasi yang sesuai fakta empiris tentang topik yang akan kami bahas yaitu menganalisis hambatan pembelajaran geometri serta penyelesaiannya menurut teori Van Hiele.

Published
2023-01-27