STUDI LITERATUR: LITERASI DIGITAL SEBAGAI DASAR DARI KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA CALON GURU MATEMATIKA DI ERA SOCIETY 5.0

  • Alfiatul Fahkiroh Universitas Pekalongan
  • Dwi Putri Fatmawati Universitas Pekalongan
  • Sari Risqi Amalia Universitas Pekalongan
Keywords: Era Society 5.0, Mahasiswa Pendidikan Matematika, Literasi Digital, Kompetensi Pedagogik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan literasi digital sebagai dasar dari kompetensi pedagogik pada calon guru matematika di era society 5.0. Dalam hal ini, peneliti melakukan penelitian dengan cara penelitian deskriptif kualitatif menggunakan kajian kepustakaan (library research) yang menyajikan hasil penelitian berupa analisis suatu kejadian fakta. Menurut Zed (2004), studi kepustakaan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian dalam data kepustakaan. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berasal dari berita dan artikel dari portal berita online terpercaya, selain itu juga menggunakan jurnal publikasi yang relavan dengan tujuan penelitian. Literasi digital merupakan salah satu kompetensi penting yang perlu dikembangkan oleh para mahasiswa pendidikan matematika khususnya sebagai dasar dari kompetensi pedagogik pada calon guru matematika di era society 5.0. Kompetensi ini perlu di kuasai mahasiswa pendidikan matematika sebagai calon guru untuk bekal mengajar nantinya. Salah satu kemampuan dasar untuk mendukung kemampuan pedagogik guru saat ini adalah kemampuan literasi digital.

Published
2023-01-27