ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DALAM BERPIKIR KREATIF TERHADAP MATERI PERSAMAAN KUADRAT DENGAN BANTUAN GEOGEBRA

  • Wulan Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Geogebra, Tingkat Kemampuan Siswa, Persamaan Kuadrat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam berpikir kreatif [sangat kreatif (TKBK 4)/kreatif (TKBK 3)/cukup kreatif (TKBK 2)/kurang kreatif (TKBK 1)/tidak kreatif (TKBK 0)] terhadap materi persamaan kuadrat dengan bantuan GeoGebra. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMP kelas IX SMP di Sidoarjo, dengan subjek penelitian terdiri dari 9 siswa yang pernah mendapatkan materi persamaan kuadrat dan yang mampu menggunakan aplikasi GeoGebra. Instrumen penelitian ini meliputi validasi, pembelajaran di kelas menggunakan GeoGebra, tes kemampuan berpikir kreatif yang meliputi tiga indikator berpikir kreatif, yaitu indikator fluency, flexibility, dan originality, dan observasi. Pada penelitian ini, Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan capaian tingkat kemampuan siswa dalam berpikir kreatif pada menyelesaikan persamaan kuadrat. Hasil identifikasi TKBK siswa kelas IX SMP menunjukkan bahwa 33,3% termasuk TKBK 0, Siswa yang termasuk TKBK 2 sebanyak 22,2%, dan siswa yang termasuk TKBK 4 sebanyak 44,5%.

Published
2023-01-27