PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

  • Andini Noviyanti Universitas Pekalongan
Keywords: Student Facilitator, Student Explaining, Ulasan, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining.  Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan tinjauan literatur dari berbagai sumber yang mengkaji  pentingnya pemahaman siswa terhadap suatu konsep dalam pembelajaran matematika. Studi tentang pentingnya model pembelajaran Student Facilitator and Explaining telah dipublikasikan secara luas. Beberapa publikasi penelitian mengklaim bahwa Student Facilitator and Explaining adalah solusi alternatif untuk pembelajaran yang berpusat pada siswa, tetapi guru harus tahu bagaimana merencanakan kegiatan pembelajaran untuk merangsang pemikiran siswa. Tampaknya guru memainkan peran penting dalam keberhasilan belajar siswa dengan bantuan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining adalah model pembelajaran yang menempatkan siswa yang unggul sebagai tutor sebaya dan fasilitator bagi siswa lainnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan tinjauan sistematis untuk mengetahui ruang lingkup penelitian pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini merupakan tinjauan sistematis jurnal yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining. Artikel yang diperoleh dengan kata kunci "Student Facilitator and Explaining" dari Jurnal Google Scholar Publish or Perish dari tahun 2015 hingga tahun 2022 menghasilkan 15 judul artikel. Dari 15 artikel dievaluasi dan diidentifikasi menjadi 6 judul artikel pilihan. 6 judul dikelompokkan berdasarkan judulnya kemudian dievaluasi sepenuhnya dan enam judul tersebut dinyatakan sebagai topik penelitian.

Published
2023-01-27