PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

  • Meilani Safitri UNIVERSITAS SJAKHYAKIRTI
  • M.Ridwan Aziz Universitas Sebelas Maret
Keywords: bahan ajar, geometri, STEM, HOTS

Abstract

Penelitian ini berjenis Research and Development (RnD) dengan menerapkan model ASSURE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar geometri berbasis STEM yang valid dan praktis serta memiliki keefektifan dalam meningkatkan HOTS siswa. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui lembar uji pakar untuk melihat kevalidan dan kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan, dalam hal ini dilibatkan beberapa pakar di bidang geometri transformasi, pakar di bidang STEM, pakar di bidang HOTS, dan pakar pengembangan bahan ajar. Sedangkan untuk mengukur HOTS siswa digunakan soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa didapatkan bahan ajar geometri berbasis STEM yang valid dan praktis serta memiliki efektifitas untuk meningkatkan higher order thingking skill siswa.

Published
2022-01-31