DESKRIPSI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATEMATIKA

  • Firdha Razak Stkip Andi Matappa
  • Andi Yunarni Yusri STKIP Andi Mattappa
  • St.Aminah STKIP Andi Mattappa
Keywords: Kesulitan, Higher Order Thinking Skill, Indikator Kesulitan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Adapun indikator kesulitan dalam penelitian ini yaitu kesulitan dalam mengingat/memahami fakta, kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam memahami prinsip dan kesulitan dalam mengaplikasikan prinsip (konsep-konsep). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Pangkep  dengan pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan soal HOTS kepada siswa kelas XI IPA 5 yang kemudian dari hasil tersebut dipilih masing-masing 2 subjek tiap kategorisasi penilaian HOTS. Instrumen yang digunakan yaitu tes soal HOTS dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis Miles dan Huberman dimana dilakukan triangulasi Teknik yaitu observasi, hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)kategori sangat rendah tidak dilakukan analisis sebab tidak ada subjek yang memenuhi; 2) subjek kategori rendah mengalami kesulitan pada semua soal dan memenuhi semua indikator kesulitan; 3)subyek kategori sedang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dalam aspek mengkreasi  dengan indikator kesulitan yaitu kesulitan dalam mengingat/memahami fakta, kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam memahami prinsip dan kesulitan dalam mengaplikasikan prinsip (konsep-konsep); 4)subyek kategori tinggi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal nomor 5 terkait aspek mengkreasi pada semua indikator kesulitan; 5)subjek pada kategori sangat tinggi dapat meyelesaikan semua soal tanpa mengalami kesulitan.

Published
2022-01-31