ANALISIS KEBUTUHAN SUMBER PEMBELAJARAN MATEMATIKA MASA PANDEMI SMP KELAS VIII

  • Adela Ratnasari Universitas Ahmad Dahlan
  • Syariful Fahmi Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: analisis kebutuhan, masa pandemi, matematika, SMP, sumber belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan sumber pembelajaran matematika masa pandemi SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling adalah peserta didik kelas VIII C dengan sebanyak 20 peserta didik SMP Negeri 1 Sewon pada bulan Oktober 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah pada masa pandemi seperti ini banyak kegiatan yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) dan dari rumah. Sekolah juga dari rumah sehingga kemandirian untuk belajar lebih ditingkatkan. Penggunaan sumber belajar yang tersedia peserta didik sudah dapat memahami materi dengan baik. Sumber belajar yang digunakan pembelajaran adalah banyak dari intenet dan sumber belajar yang menyenangkan untuk meningkatkan minat belajar. Pemanfaatan media penyampaian sumber belajar yang belum maksimal mengakibatkan peserta didik pasif dalam kelas dan cenderung membosankan untuk dipelajari dengan seksama. Dengan pasifnya peserta didik sehingga hasil yang diperoleh kurang memuaskan.

Published
2022-01-31