PENGARUH KECERDASAN SPASIAL TERHADAP LEVEL GEOMETRI VAN HIELE SISWA

  • Azwar Anwar University of Borneo Tarakan
Keywords: Kecerdasan spasial, Geometri Van Hiele, Level 1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan spasial terhadap level geometri Van Hiele. Level geometri Van Hiele yang digunakan adalah level 1 yang merupakan level awal dalam belajar geometri berdasarkan teori Van Hiele. Level 1 atau disebut visualisasi merupakan tahapan belajar geometri dengan mengenal bentuk dan bangun-bangun geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantiatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan yang berjumlah 90 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes level geometri Van Hiele level 1 sebanyak 10 soal serta tes kecerdasan spasial yang terdiri dari 5. Teknik pengumpulan data berupa soal tes Van Hiele dan soal kecerdasan spasial. Teknik analisis data yaitu dengan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil kesimpulan diperoleh terdapat pengaruh kemampuan kecerdasan spasial terhadap level geometri Van Hiele. Siswa dengan kemampuan kecerdasan spasial tinggi mampu mengerjakan soal-soal geometri, sebaliknya siswa dengan kemampuan kecerdasan spasial rendah kesulitan dalam mengerjakan soal-soal geometri berdasarkan teori Van Hiele.

Published
2022-01-31