PENGEMBANGAN E-MODUL GEOMETRI BIDANG DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK SISWA SMP KELAS VII

  • MUHAMMAD FALAH AUTHOR
Keywords: e-modul geometri datar, etnomatematika, model Thiagarajan

Abstract

Penelitian  ini  didasari  dari  hasil  observasi  modul  matematika  untuk  jenjang  SMP/MTs yang belum menampilkan konten budaya setempat khusus materi Geometri Bidang Datar. Tujuan dari  penelitian ini yaitu untuk mengembangkan e-modul matematika  untuk  jenjang  SMP/MTs  yang  menampilkan  konten  budaya  pada  modul  tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Thiagarajan atau yang sering dikenal dengan langkah-langkah penelitian dan pengembangan 4D. Model pengembangan 4D yaitu : (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (desiminasi/penyebaran). Pada penelitian pengembanga E-modul Etnomatematika ini, peneliti membatasi hanya sampai tahap 3 yaitu develop(penembangan). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu angket, wawancara dan observasi. Angket dari penelitian ini ada 2 jenis angket yaitu angket validasi materi dan angket validasi media yang masing-masing dilakukan oleh 3 dosen dan 5 guru mata pelajaran matematika. Wawancara dilakukan dengan guru matematika untuk mengetahui permasalahan yang terdapat dalam pembelajaran matematika di sekolah yang bersangkutan. Observasi pada penelitian ini dengan cara melihat modul yang digunakan oleh sekolah yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diperoleh rata-rata skor validasi materi sebesar 4,27 dan skor validasi media sebesar 4,3. Rata-rata  skor masing-masing validasi adalah lebih dari 4 dengan kriteria “valid”.

Published
2022-01-31