LITERASI DIGITAL BERBANTUAN TELEGRAM UNTUK MENUNJANG PROGRAM PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU

  • Luthfia Qothrun Nada Universitas Negeri Semarang
Keywords: literasi digital, telegram, pengenalan kehidupan kampus, mahasiswa baru

Abstract

Saat ini dunia tengah berada pada revolusi industri 4.0 dan pada akhir tahun 2019 muncul pandemi COVID-19  yang menyebabkan manusia harus mulai menggunakan dan beradaptasi dengan teknologi digital. Penguasaan teknologi dan penggunaan jaringan internet harus dikuasai olah satuan pendidikan dalam kaitannya penerapan pembelajaran dalam jaringan (daring) tak terkecuali dengan civitas akademika Universitas Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang literasi digital berbantuan telegram dalam menunjang pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru di Universitas Pekalongan.

Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam pnelitian ini yaitu literatur buku dan artikel, data hasil pengamatan lapangan, wawancara, angket dan selanjutnya diproses melalui pencatatan dan pengetikan. Penelitian dilakukan pada mahasiswa baru angkatan tahun 2020 Universitas Pekalongan. Analisis kualitatif menggunakan kata-kata yang disusun ke dalam teks yang diperluas. Analisis data dibagi dalam tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan. Ketiga alur tersebut adalah (1) reduksi data (data reduction); (2) penyajian data (data display); dan (3) penarikan simpulan. Kesimpulan hasil penelitian yang telah dilakukan adalah Literasi digital atau kemampuan abad 21 sangat diperlukan oleh mahasiswa dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, dalam masa pendidikan dalam jaringan diperlukan dukungan media dan kemampuan penguasaan teknologi agar informasi yang tersajikan dapat diterima dan dipahami, dan telegram adalah salah satu media alternatif untuk berkomunikasi dan mudah dioperasikan oleh mahasiswa dalam Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Published
2022-01-31