Penerapan Model Pembelajaran Yang Menyenangkan (Joyfull Learning) Untuk Mengupayakan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

  • Omasio Harefa Universitas Pelita Harapan
  • Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro
Keywords: Pendiddikan, motivasi belajar, joyful learning, model, metode

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh motivasi siswa untuk belajar.  Siswa yang memiliki motivasi belajar akan terdorong dan semangat untuk menggapai sasaran dan tujuan pembelajaran sehingga dalam pendidikan, siswa harus memiliki tujuan dan motivasi belajar. Namun, dari penelitian yang dilakukan penulis di kelas IX A terdapat 12 siswa dari total 24 siswa tidak termotivasi untuk belajar dalam kelas matematika. Jika hal ini terus dibiarkan, tujuan pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa tidak akan tercapai secara menyeluruh. Dengan menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif, penulisan penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana penerapan model pembelajaran yang menyenangkan menjadi solusi dalam mengupayakan motivasi belajar siswa kelas IX A sehingga tujuan dari pendidikan dapat tercapai. Penerapan model pembelajaran ini mengacu pada kenyamanan siswa belajar, dimana siswa belajar sambil bermain dengan didukung oleh lingkungan belajar yang kondusif. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan model pembelajaran yang menyenangkan (joyful learning) mampu mengupayakan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Keberhasilan model pembelajaran ini ditentukan dari pemilihan metode yang tepat sesuai dengan gaya belajar siswa, sehingga guru diharapkan mampu menguasai berbagai jenis metode mengajar.   

Published
2024-01-10