EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS SALAFIYAH AL-MUTTAQIN PEKALONGAN

  • Oktava Walidatul Khusna Universitas Pekalongan
  • Rini Utami Universitas Pekalongan
  • Dewi Azizah Universitas Pekalongan
Keywords: Efktivitas, Reciprocal Teaching, kemampuan komunikasi matematika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa kurang mampu mengungkapkan dan mengkomunikasikan ide dan gagasan ke dalam bentuk simbol atau gambar matematika, siswa kurang mampu dalam menuliskan sistematika jawaban. Hasil ulangan harian siswa yang sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematika  banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM.

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTS Al-Mutaqqin Pekalongan kelas VIII yang terdiri empat kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik cluster random sampling dan terpilih dua kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajan Reciprocal Teaching berbantuan modul dan Kelas VIII C sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunaka metode wawancara, dokumentasi dan tes. Data analisis penelitian ini menggunakan uji prasyarat, uji ketuntasan (uji z), dan uji beda rata-rata (uji t).

Hasil penelitian ini diperoleh 1) Kemampuan komunikasi matematika siswa yang memperoleh pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan modul lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. 2) Kemampuan komunikasi matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan modul dapat mencapai KKM.

Published
2021-01-06