KESALAHAN SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN BILANGAN PANGKAT

  • Firda Nur Istiqomah Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Fitria Sulistyowati Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: Analisis, Kesalahan Siswa, Bilangan Pangkat

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa serta menganalisis faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada materi bilangan berpangkat. Menganalisa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dapat mengetahui seorang siswa menguasai suatu materi atau tidak. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Logam B SMK Negeri 5 Yogyakarta yang telah mempelajari materi bilangan berpangkat. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa SMK Kelas X Logam B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Data dianalisis menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dari pengumpulan data dapat disimpulkan kesulitan yang dialami oleh siswa meliputi kesalahan konseptual, kesalahan prosedural serta kesalahan teknikal. Sedangkan, kurangnya memahami konsep eksponen sehingga terjadi kesalahan menjadi faktor penyebab kesulitan dalam materi tersebut. Harapannya setelah dilakukan penelitian ini, kesalahan siswa ketika mengerjakan soal matematika materi bentuk aljabar dapat diminimalisir.

Published
2023-01-27