ANALISIS KEMAMPUAN PENELARAN MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SMP NEGERI 1 AMPELGADING

  • Williana Universitas Pekalongan
  • Nur Baiti Nasution Universitas Pekalongan
Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Soal Uraian Bangun Ruang Sisi Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada siswa kelas VIII SMP N 1 Ampelgading. Pengumpulan data kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan adalah soal uraian yang berjumlah 2 butir soal kemampuan penalaran matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIIID yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni Tes, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dalam penyelesaikan soal matematika pada setiap kategori kemampuan penalaran matematis soal nomor 1, ke-1 mengajukan dugaan yaitu 0,63%, kemampuan penalaran ke-2 melakukan manipulasi matematika yaitu 53%, kemampuan penalaran ke-3 Melakukan menarik kesimpulan, menyusun bukti memberi alasan atau bukti terhadap beberapa solusi yaitu 0%, kemampuan penalaran ke-4 Menentukan pola atau sifat dari gejala matematika untuk generalisasi yaitu 0%. Soal nomor 2, ke-1 mengajukan dugaan hanya 0,06%, indikator ke-2 melakukan manipulasi hanya 0,17%, indikator ke-3 Melakukan menarik kesimpulan, menyusun bukti memberi alasan atau bukti terhadap beberapa solusi tidak ada yang bisa menyelesaikannya 0%, dan indikator ke-4 Menentukan pola atau sifat dari gejala matematika untuk generalisasi juga tidak ada ynag bisa menyelesaikan dengan benar sehingga 0%. Pada penelitian ini sangat rendah dikarenakan siswa tidak menulisakan apa yang ditanyakan pada soal.

Published
2023-01-27