PENGEMBANGAN BUKU AJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI EKSPLORASI KULINER TELUR ASIN

  • Manggar Inggita Karuna Universitas Negeri Semarang
  • Erna Fathika Sari Universitas Negeri Semarang
  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang
Keywords: Buku Ajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Telur Asin

Abstract

Konsep-konsep matematika dapat disampaikan dengan menggunakan alat atau media yang secara kultural mudah dipahami oleh siswa. Karakteristik kultural dalam pembelajaran matematika dapat dikaitkan dengan etnomatematika. Selain itu, ada media yang dapat dijadikan alat untuk melangsungkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru salah satunya buku ajar. Buku ajar memiliki kedudukan penting yakni sebagai pusat pembelajaran dan berfungsi sebagai alat pembelajaran yang strategis bagi guru dan peserta didik, pengembangan buku ajar diperlukan untuk menciptakan kelangsungan pembelajaran dengan kegiatan-kegiatan inovatif dan penuh daya tarik. Dari pembahasan tersebut, peneliti tertarik melaksanakan penelitian bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berbasis etnomatematika yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah terintegrasi Problem Based Learning melalui eksplorasi kuliner kabupaten Brebes yaitu Telur Asin. Buku ajar ini dikembangkan untuk mencapai ketuntasan pengetahuan dan keterampilan proses pembelajaran serta sikap cinta budaya lokal peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis etnomatematika materi sistem persamaan linear dua variabel melalui eksplorasi kuliner Telur Asin siap diimplemetasikan sebagai buku ajar dalam pembelajaran matematika dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP/MTs pada materi sitem persamaan linear dua variabel.

Published
2023-01-26