ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERSAMAAN LINEAR

  • Dina Dwi Septinawati Pemakalah
  • Sausan Intan Zahra2 Pemakalah
  • Washilatul Khasanah Pemakalah
  • Khuriin Dewi Anggraeni Pemakalah
  • Rora Artanti Pemakalah
Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, SPLSV, Soal Cerita

Abstract

Kemampuan literasi matematis siswa adalah kemampuan yang dapat merumuskan masalah kontekstual secara matematis, menggunakan fakta, konsep, prosedur matematis, serta menginterpreasi dan mengevaluasi luaran matematis. Kemampuan literasi matematis siswa menjadi salah satu kemampuan yang penting dalam menyelesaikan soal-soal Program for International Student Assesment (PISA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa SMP 1dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLSV. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini dilakukan di MTs Salafiyah Jenggot tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII C MTs Salafiyah Jenggot sebanyak 29 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes uraian sebanyak 3 butir soal yang sudah divalidasi sehingga data tersebut dianalisis berdasarkan model Millen dan Hubberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas level kemampuan literasi matematis siswa kelas VII C MTs Salafiyah Jengggot termasuk kriteria level 1 dengan diperoleh data sebanyak 15 siswa, level 2 terdapat 9 siswa, sedangakan level 3 tidak ada siswa yang dapat menyelesaikan soal level tersebut.

Published
2022-01-31