PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DI ERA MERDEKA BELAJAR MELALUI MODEL BLENDED LEARNING

  • Hanif Naufal Universitas Pekalongan
  • Sari Risqi Amalia Universitas Pekalongan
Keywords: Kemampuan Literasi Matematika, Merdekas Belajar, Model Blended Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan litearsi matemaitka pada program merdeka belaajr, (2) mendeskripsikan penerapan model blended learning di era merdeka belajar, (3) mendefiniskan bahwa model blended learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini berusaha mengetahui dan mendeskripsikan permasalahan pada pelaksanaan pembelajaran matematika di era merdeka belajar dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa melalui model blended learning. Dalam hal ini, peneliti melakukan penelitian dengan cara penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan studi pustaka atau biasa disebut dengan library research  yang menyajikan hasil penelitian berupa analisis suatu kejadian fakta. Program Merdeka Belajar merupakan salah satu yang diterapkan oleh pemerintah untuk mencapai tujuan tersebut. Pada program ini dapat diterapkan model blended learning dengan didukung keadaan pandemi Covid-19. Model ini mengedepankan meggabungkan pembelajaran berbasis web atau internet, streaming video, dan komunikasi audio. Model blended learning terdiri atas tiga komponen, yaitu pembelejaran online, pembelajaran tatap muka, dan belajar mandiri. Oleh karena itu, model blended learning di era merdeka belajar menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika yang dimiliki siswa sebagai pemenuhan komponen tantangan zaman dan dapat bersaing dengan negara-negara lain.

Published
2022-01-31