PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI PHYTAGORAS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

  • Rafi Albar Universitas Pekalongan
  • Siska Susilawati Universitas Pekalongan
  • Dwi Putri Fatmawati Universitas Pekalongan
Keywords: Augmented Reality, Literasi Matematika, Phytagoras.

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, tentunya dapat dimanfaatkan untuk mendorong adanya inovasi dibidang pendidikan. Inovasi tersebut dapat berupa pemanfaatan media pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran adalah augmented reality. Augmented Reality bertujuan untuk meningkatkan persepsi dan interaksi siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. teknologi augmented reality dapat diterapkan pada beberapa materi matematika yang membutuhkan visualisasi yang baik dalam menggambarkan konsep abstrak pada matematika agar mudah dipahami siswa. Salah satu materi yang memerlukan tingkat pemahaman yang baik adalah materi phytagoras. Materi ini seringkali dianggap sulit oleh sebagian siswa, dikarenakan bingung dalam memahami hubungan antara sisi miring segitiga siku-siku dengan kedua sisi segitiga yang lain. Dengan penerapan media tersebut, siswa akan lebih mudah dalam memvisualisasikan konsep teorema phytagoras yang cenderung berupa objek  segitiga. Dengan demikian, hal ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait materi phytagoras yang kemudian berdampak pada meningkatnya literasi matematika siswa.Tujuan utama dari penulisan ini untuk memberikan pandangan kepada pembaca tentang media pembelajaran berbasis augmented reality yang digunakan pada materi teorema phytagoras untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa dalam pemecahan masalah kontekstual. Penulisan ini menggunakan studi literatur dengan mencari data atau informasi riset melalui jurnal ilmiah, buku referensi, dan bahan publikasi lainya yang tersedia. Penulisan ini mengkaji beberapa jurnal, baik berupa jurnal nasional maupun jurnal internasional yang menghasilkan kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi phytagoras serta meningkatkan literasi matematika siswa.

Published
2022-01-31