ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK DENGAN METODE 3D PADA MATERI BARISAN DAN DERET

  • Muhammad Reza Faza Universitas Pekalongan
  • Neko Rosa Regeta Universitas Pekalongan
  • Relix Chintya Fika Nurilah Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Metode 3D, Barisan dan Deret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan metode pembelajran 3D (Demonstrasi, Diskusi dan Debat) dalam menyelesaikan permasalahan pada materi barisan dan deret. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes secara luring. Subjek penelitian yaitu 29 siswa kelas X SMK Ma’arif NU Doro tahun ajaran 2022/2023. Analisis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dilakukan setelah siswa memperoleh materi saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode pembelajaran 3D yang harapannya dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi barisan dan deret, analsis tersebut dapat diihat melalui indikator yaitu memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan menafsirkan hasil yang diperoleh. Hasil analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menunjukkan bahwa sebanyak 96,6% siswa telah memiliki kemampuan untuk memahami masalah yang disajikan dengan baik. Sementara itu, hanya 3,5% siswa yang kurang tepat dalam melaksanakan rencana strategi penyelesaian masalah. Dengan pernyataan tersebut maka terbukti bahawa metode 3D dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan matematis siswa terutama pada materi barisan dan deret.

Published
2023-01-26

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2