Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

  • Putri Febriyani Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan untuk mengetahui bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model problem based learning. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen semu quasi-experimental research dengan desain Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian diambil dari populasi dengan menggunakan teknik sampling secara acak dari kelas X yang ada di SMK Muhammadiyah Bojong. Sampel terdiri dari kelas eksperimen, dimana kelas eksperimen yang diberikan sebuah pretest sebelum penerapan model problem based learning dan posttest sesudah penerapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model problem based learning tuntas mencapai batas KKM yaitu nilai 65. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata (uji N Gain) sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Selain itu, aktivitas pembelajaran pada model, problem based learning dapat menjadi lebih aktif di kelas.

Published
2024-01-10

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>