KORELASI ANTARA LITERASI MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA SMP

  • Hanindya Restu Aulia Universitas Pekalongan
Keywords: Key Words: Literasi, Matematika, Membaca, Soal Cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi literasi membaca dengan kemampuan penyelesaian soal cerita pada mata pelajaran matematika SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif survei korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Wonopringgo yang berjumlah 193 siswa. Sampel berjumlah 50 siswa, diambil dengan cara random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan literasi membaca dan non tes soal cerita matematika. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis korelasi sederhana antara penguasaan literasi membaca dan kemampuan menyelesaikan soal cerita diperoleh koefisien korelasi ( y1) sebesar 0,83. Setelah hasil koefisien korelasi tersebut dilakukan uji signifikansi (keberartian) maka dilakukan uji t, diperoleh t0 sebesar 10,31 yang lebih besar dari ttabel sebesar 1,68. Oleh karena itu, berdasarkan hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan literasi membaca dan kemampuan menyelesaikan soal cerita. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) yang berbunyi “tidak ada hubungan antara penguasaan literasi membaca dan kemampuan menyelesaikan soal cerita” ditolak. Sebaliknya, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada hubungan antara penguasaan literasi membaca dan kemampuan menyelesakan soal cerita” diterima.

Published
2022-01-31