PENGEMBANGAN ALAT PERAGA RODA TURUNAN TERHADAP PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TURUNAN

  • Wilda Tsaniya Salsabila Universitas Pekalongan
  • Nur Latifah Universitas Pekalongan
  • Fara Vigritha Risdiyanto Universitas Pekalongan
Keywords: Kata kunci: Alat Peraga Roda Turunan, Minat Belajar, Pemahaman Konsep Turunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan peserta didik akan alat peraga roda turunan pada materi turunan dan mendeskripsikan karakteristik pengembangan alat peraga roda turunan guna memahami konsep sifat-sifat turunan dan menyelesaikan permasalahan matematika terkait turunan. Pembelajaran turunan dengan menggunakan alat peraga roda turunan diharapkan mampu menguatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep turunan serta menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Alat peraga roda turunan dikembangkan menggunakan metode penelitian research and development menurut Barg and Gall yang dimodifikasi hanya pada tahap penelitian dan pengumpulan informasi dan tahap perencanaan. Produk dikembangkan menggunakan bahan- bahan yang sederhana, yaitu styrofoam, kertas origami, kertas manila, mur dan baut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan alat peraga roda turunan pada materi turunan dan desain dari alat peraga ini memuat 3 bagian utama yaitu: roda berukuran besar untuk menunjukkan angka n dan pangkat n-1, roda berukuran sedang untuk menunjukkan angka a, dan roda berukuran kecil untuk menunjukkan angka yang akan diselesaikan dengan bantuan dua anak panah. Simpulan dari penelitian ini adalah diperlukan alat peraga roda turunan agar pendidik dapat menumbuhkan minat belajar dan menguatkan pemahaman peserta didik. Lebih lanjutnya, penelitian pengembangan ini perlu adanya peninjauan terhadap alat peraga roda turunan sehingga lebih disesuaikan dengan kebutuhan yang ada dan dilakukan uji validitas serta diujicobakan  pada kelas kecil untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari alat peraga roda turunan dalam pembelajaran matematika.

Published
2022-01-31