ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA SOAL MATRIKS BERDASARKAN LANGKAH POLYA

  • Uswatun Hasanah Universitas Pekalongan
  • Khuzaeni Aulah Saniy Universitas Pekalongan
  • Sari Risqi Amalia Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
  • Anggun Puspa Arumdani Universitas Pekalongan
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Matriks, Polya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi matriks. Metode penelitian ini berupa metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Doro Kabupaten Pekalongan dengan total keseluruhan siswa yaitu 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa 4 soal uraian materi matriks, dan setiap soal mengacu pada indikator. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kategori tinggi yaitu sebanyak 11 orang siswa atau (32,35%), kemudian sebanyak 18 orang siswa atau (52,94%) berkategori sedang, dan sebanyak 5 orang siswa atau (14,70%) berkategori rendah. Dari penelitian ini telah diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan tahapan polya yakni pada tahap pemahaman masalah, perencanaan masalah dan menjalankan rencana penyelesaian masalah, serta pengecekan kembali jawaban, masih terdapat siswa yang tidak melakukan proses dalam pemahaman masalah, kemudian perencanaan masalah yang kurang tepat, tidak dapat melakukan penyelesaian masalah yang diberikan, serta siswa juga tidak dapat melakukan penarikan kesimpulan dengan tepat. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong ke dalam kategori rendah, siswa diharapkan agar terus belajar dan berlatih supaya siswa lebih terbiasa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan-masalah.

Published
2023-01-26

Most read articles by the same author(s)