STUDI LITERATUR: MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Khamdanah Universitas Pekalongan
  • Fadya Putri Sabrina Universitas Pekalongan
  • Jihan Salma Nabila Universitas Pekalongan
Keywords: Cooperative Learning, Kemampuan Berfikir Kreatif, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning terhadap kemampuan berfikir kreatif dan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Studi literature merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi atau sumber yang berkaitan dengan topik dalam suatu penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti mencari data atau informasi dari artikel, jurnal atau buku yang relevan mengenai model pembelajaran cooperative learning. Hasil penelitiannya didapatkan bahwa guru dapat menggunakan model pembelajaran cooperative learning untuk mengeksplorasi kesulitan dan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan rasa ingin tahu untuk mendorong dan membimbing siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran cooperative learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan rasa ingin tahu dalam pembelajaran matematika. Macam-macam tipe pada model pembelajaran cooperative learning diantaranya yaitu Jigsaw, TGT, STAD, Make a Match, NHT, TPS, GI, CIRS.

Published
2023-01-27

Most read articles by the same author(s)