Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Di SMA Negeri 1 Doro

  • Farinka Rizky Alifiana Universitas Pekalongan
  • Naila Fathina Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah
Keywords: Creative mathematical thinking, HOTS, polynomial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal HOTS kelas XI di SMA Negeri 1 Doro. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian dengan pokok bahasan materi polynomial yang memuat indikator berpikir kreatif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Doro dengan sampel satu kelas yaitu kelas XI.F1 sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes kemampuan berpikir kreatif terdapat 17 siswa dengan 62,3% pada kategori tinggi, 4 siswa dengan persentase 14,8% pada kategori sedang, dan 6 siswa dengan persentase 22,2% pada kategori rendah.

Published
2024-01-11

Most read articles by the same author(s)