PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

  • Achmad Syaifuddin Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan
  • Dewi Mardhiyana Universitas Pekalongan
Keywords: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Prestasi belajar matematika merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai setelah proses belajar mengajar matematika terjadi. Dalam mencapai prestasi belajar matematika yang baik, seorang siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam diri siswa maupun dari luar diri siswa antara lain motivasi belajar dan kemandirian belajar. Jika siswa mempunyai motivasi dan kemandirian belajar yang tinggi maka prestasi belajar siswa akan tinggi. Tujuan penulisan ini adalah: 1) untuk mengatahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, 2) untuk mengatahui seberapa besar pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dan, 3) untuk mengatahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan data pengumpulannya berupa angket motivasi belajar dan kemandirian belajar dan tes uraian untuk prestasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kandeman dengan subjek sampel penelitian adalah 2 kelas yang di ambil secara acak dari 9 kelas yang ada di kelas VIII.. pada penelitian diperoleh 1) Motivasi belajar berpengaruh sebesar 17,7% terhadap prestasi belajar matematika, 2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan sebesar 49,8% terhadap prestasi belajar matematika. Dan 3) Motivasi belajar dan kemandirian belajar secara bersama berpengaruh secara positif dan signifikan sebesar 61,5%. Hal ini dapat di artikan bahwa perolehan prestasi belajar matematika peserta didik dapat di tingkatkan dengan mempertimbangkan faktor motivasi belajar dan kemandirian belajar.

Published
2023-01-27

Most read articles by the same author(s)