PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME DENGAN BUDAYA PEKALONGAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP / MTsS

  • Hilda Fahlina UNIVERSITAS PEKALONGAN
  • Dewi Mardhiyana Universitas Pekalongan
  • M Najibufahmi Universitas Pekalongan
Keywords: Modul Matematika, Pendekatan RME, Budaya Pekalongan.

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran secara daring membuat siswa membutuhkan buku pendamping yang menarik selain buku paket. Oleh karena itu diperlukan diperlukan modul matematika yang dapat mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul matematika berbasis pendekatan RME dengan budaya Pekalongan untuk siswa kelas VIII SMP / MTsS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research dan Development (R&D) dengan model ADDIE dengan modifikasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis validasi modul matematika. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata total aspek dari semua validator mencapai 4,16 dengan kategori valid, dan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul matematika valid digunakan dalam pembelajaran matematika.

 

Published
2022-01-31