ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIAKAN SOAL PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO SMK MUHAMMADIYAH KAJEN TAHUN 2021

  • SITI ASRI FATIMAH UNIVERSITAS PEKALONGAN
  • Dewi Mardhiyana Universitas Pekalongan
Keywords: Analisis kesalahan, Kemampuan Pemahaman Matematis, Program Linear, Taksonomi SOLO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal berdasarkan Taksonomi SOLO dan mencari faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah deskrptif kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas XI KI di SMK Muhamadiyah Kajen yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan siswa dengan kemampuan pemahaman matematis tinggi masuk kedalam respon jawaban unistruktural, multistruktural dan relasional. Siswa dengan kemampuan matematis sedang masuk kedalam respon jawaban siswa prastruktural, unistruktural dan multistruktural. Sedangkan untuk siswa level kemampuan matematis rendah masuk dalam respon jawaban prastruktural dan unistruktural. Kesalahan subjek pada masing-masing level di antaranya kesalahan konsep (KK), kesalahan memasukan data (KD), kesalahan interpretasi bahasa (KB) kesalahan teknis (KT) dan kesalahan penarikan kesimpulan (KK). Faktor penyebab kesalahan umumnya dilakukan karena siswa tidak dapat menafsirkan maksud dari soal, keterbatasan waktu, kurang memahami soal, factor kesehatan dan tingkat pemahaman siswa yang rendah dalam mengidentifikasi permasalahan nyata ke dalam model matematika.

Published
2022-01-31

Most read articles by the same author(s)