PENGARUH METODE KUMON TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP KELAS XI OTKP SMKN 1 KARANGDADAP

  • LULU' ISTSNIATI MUFAROKHA Universitas pekalongan
  • Rini Utami Universitas Pekalongan
Keywords: matematika, kemampuan pemahaman konsep, metode kumon

Abstract

Berdasarkan penelitian dan wawancara di SMKN 1 Karangdadap bahwa pelajaran matematika kurang disukai oleh sebagian siswa dan matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dipahami serta terlalu banyak angka dan simbol-simbol. Salah satu siswa menuturkan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang membingungkan karena terlalu banyak rumus, sehingga siswa kadang kesulitan dalam pemilihan rumus yang harus siswa gunakan untuk menyelesaikan suatu soal. Maka perlu diterapkan metode pembelajaran yang mampu mengajak siswa untuk aktif siswa dalam menemukan jawaban dari masalah yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan metode kumon dapat mencapai nilai ketuntasan siswa kelas XI OTKP di SMK N 1 Karangdadap (2) apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan metode kumon lebih baik darikemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan metode ekspositori siswa kelas XI OTKP di SMK N 1 Karangdadap. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMKN 1 Karangdadap. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random, terpilih kelas XI OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan XI OTKP 2 kelas kontrol. Pengumpulan data berupa soal uraian. Kemudian data yang sudah terkumpul diolah menggunkan uji prasyarat, uji proporsi dan uji beda rata-rata dengan melakukan uji t. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis bahwa penerapan metode kumon efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI SMKN 1 Karangdadap, hal ini dapat dilihat dari hasil Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas yang diterapkan metode kumon mencapai nilai ketuntasan dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas yang diterapkan metode kumon lebih baik daropada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas yang diterapkan metode ekspositori.

Berdasarkan penelitian dan wawancara di SMKN 1 Karangdadap bahwa pelajaran matematika kurang disukai oleh sebagian siswa dan matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dipahami serta terlalu banyak angka dan simbol-simbol. Salah satu siswa menuturkan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang membingungkan karena terlalu banyak rumus, sehingga siswa kadang kesulitan dalam pemilihan rumus yang harus siswa gunakan untuk menyelesaikan suatu soal. Maka perlu diterapkan metode pembelajaran yang mampu mengajak siswa untuk aktif siswa dalam menemukan jawaban dari masalah yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan metode kumon dapat mencapai nilai ketuntasan siswa kelas XI OTKP di SMK N 1 Karangdadap (2) apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan metode kumon lebih baik darikemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan metode ekspositori siswa kelas XI OTKP di SMK N 1 Karangdadap. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMKN 1 Karangdadap. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random, terpilih kelas XI OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan XI OTKP 2 kelas kontrol. Pengumpulan data berupa soal uraian. Kemudian data yang sudah terkumpul diolah menggunkan uji prasyarat, uji proporsi dan uji beda rata-rata dengan melakukan uji t. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis bahwa penerapan metode kumon efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI SMKN 1 Karangdadap, hal ini dapat dilihat dari hasil Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas yang diterapkan metode kumon mencapai nilai ketuntasan dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas yang diterapkan metode kumon lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas yang diterapkan metode ekspositori.

Published
2022-01-31

Most read articles by the same author(s)