KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI BARISAN DAN DERET

  • Nayla Ziva Salvia Universitas Pekalongan
  • Fadya Putri Sabrina Universitas Pekalongan
  • Roro Eka Nuryanti Universitas Pekalongan
  • Sekar Kinasih Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
Keywords: Pemecahan Masalah, HOTS, Barisan dan Deret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa siswa SMA dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika. Sampel penelitian ini diambil secara acak yaitu siswa kelas X.9 di SMA Negeri 1 Bojong tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes berbentuk uraian materi barisan dan deret. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa dari sebanyak 36 orang siswa diperoleh sebanyak 7 siswa (19,5%) termasuk kategori rendah, sebanyak 21 siswa (58,3%) termasuk kategori sedang, dan sebanyak 8 siswa (22,2%) termasuk kategori tinggi. Analisis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diihat melalui indikator menurut Polya, yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, memeriksa kembali hasil pengerjaannya. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu pada tahap menentukan rencana pemecahan masalah dan menerapkan strategi untuk memecahkan masalah.

Published
2023-01-27

Most read articles by the same author(s)