Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

  • Fara Vigritha Risdiyanto Universitas Pekalongan
  • Dewi Azizah Universitas Pekalongan
Keywords: Kemandirian belajar, minat belajar, pemahaman konsep

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis kelas VII SMP Negeri 4 Pekalongan tahun ajaran 2023/2024 merupakan latar belakang masalah penelitian. Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep, untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep, dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh minat dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Pekalongan yang terdiri dari lima kelas. Kemudian diambel sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes tertulis dalam bentuk essay sedangkan untuk instrumen non tes berupa angket. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan untuk uji regresi sederhana H0 ditolak dengan presentase 46,3% untuk minat dan kemampuan pemahaman konsep, sedangkan H0 ditolak dengan presentase 45,9% untuk kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman konsep, yang berarti hubungan antara variabel bebas dan terikat berarti. Sedangkan untuk uji regresi ganda dari tabel koefisien dihasilkan H0 diterima sehingga terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep dan juga terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep. Dan dari tabel ANOVA disimpulkan bahwa H0 ditolak yang dimana hubungan ganda antara minat belajar dan kemandirian belajar dengan kemampuan pemahaman konsep berarti.

Published
2024-01-11