PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA MERDEKA BELAJAR DALAM MENJAWAB TANTANGAN PISA

  • Wilda Tsaniya Salsabila Universitas Pekalongan
  • Muhammad Reza Faza Universitas Pekalongan
  • Mohamad Riyan Hidayat Universitas Pekalongan
Keywords: Merdeka Belajar, Pendidikan Kecakapan Hidup, PISA

Abstract

Nilai pendidikan Indonesia pada penilaian PISA (Programme for International Student Assesment) 2018-2015  menurun dikarenakan metodologi serta orientasi kebijakan pendidikan yang masih mengejar standarisasi dan persyaratan administrasi pendidikan. Praktisi pendidikan seharusnya menetapkan orientasi kebijakan pendidikan yang diarahkan pada proses merdeka belajar agar menumbuhkan kemampuan membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan sains siswa sehigga siswa mampu berpikir luas, kritis, kreatif, mandiri dan mampu menciptakan suasana belajar yang bahagia baik bagi siswa maupun guru. Pengetahuan matematika yang diperoleh siswa diharapkan dapat mencerminkan esensi merdeka belajar yaitu menciptakan pembelajaran mandiri yang dapat diwujudkan dengan menerapkan pendidikan kecakapan hidup (Life skill). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pendidikan kecakapan hidup dapat menjadi solusi pembelajaran matematika dalam menjawab tantangan PISA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan studi pustaka (Library research). Hasil dan pembahasan dari penelitian ini mendeskripsikan bahwa pendidikan kecakapan hidup merupakan pendidikan yang membentuk siswa mandiri dengan dibekali kecakapan hidup meliputi general skills dan specific skill yang yang sesuai dengan tuntutan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal PISA. Pendidikan kecakapan hidup di era merdeka belajar merupakan pelaksanaan pembelajaran dimana siswa tidak hanya belajar teori saja melainkan dapat mengimplementasikan pengetahuan yang dimiliki dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan kecakapan hidup dapat menjadi salah satu strategi pembelajaran matematika dalam menjawab tantangan PISA.

Published
2021-01-06

Most read articles by the same author(s)