EFEKTIVITAS E-LEARNING ELIBMUHAMKA DENGAN STRATEGI INFORMATION SEARCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

  • Yoga Dwi Amanatullah Universitas Pekalongan
  • Muhamad Najibufahmi Universitas Pekalongan
Keywords: E-learning, Elibmuhamka, Strategi Information Search, Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep pada mata pelajaran matematika. Masih terdapat sebagian siswa yang belum dapat mengklasifikasi objek-objek dan memberi contoh atau non contoh dari suatu konsep yang dipelajari, terutama pada materi trigonometri. Tujuan penelitian ini adalah ; (1) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan elibmuhamka menggunakan strategi information search. (2) untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan elibmuhamka menggunakan strategi information search lebih baik daripada siswa yang diajar dengan elibmuhamka menggunakan strategi konvensional.

Penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah Kajen, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 3 sebagai kelas kontrol. Sumber data pada penelitian ini adalah wawancara dan tes berupa uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji N-gain, dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan elibmuhamka menggunakan strategi information search. (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan elibmuhamka menggunakan strategi information search lebih baik daripada siswa yang diajar dengan elibmuhamka menggunakan strategi konvensional.

Published
2022-01-31