Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Negeri 1 Wiradesa Sebagai Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka

  • Dea Rahmawati UNIVERSITAS PEKALONGAN
  • Millah Kholishoh UNIVERSITAS PEKALONGAN
  • Sayyidatul Karimah UNIVERSITAS PEKALONGAN
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; HOTS; Implementasi Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Wiradesa dalam menyelesaikan soal HOTS sebagai dampak implementasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wiradesa yang sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka sejak tahun 2022 hingga 2023 pada kelas X dan XI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-9 dengan jumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Instrumen tes berupa soal HOTS (High Order Thinking Skills) materi barisan dan deret geometri. Jawaban siswa dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis matematis, yaitu menggeneralisasi, mengidentifikasi, merumuskan masalah ke dalam model matematika, dan mendeduksi. Hasil analisis tersebut digunakan untuk mengklasifikasikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ke dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori tinggi sebanyak 75%, kategori sedang sebanyak 6,25% dan kategori rendah sebanyak 18,75%. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka yang diterapkan sejak tahun 2022 hingga 2023 pada kelas X-9 di SMA Negeri 1 Wiradesa memberikan dampak yang signifikan berupa tingginya tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Published
2024-01-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>