Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks

  • Intan Permatasari Universitas Pekalongan
  • Aulia Tsana Salsabila Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Matriks

Abstract

Kompetensi penting yang harus dimiliki setiap individu pada era globalisasi adalah berpikir kritis. Tuntutan  berpikir  kritis  dalam  dunia  pendidikan  tertuang  dalam tujuan  kurikulum 2013.  Oleh  karena  itu,  penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  kemampuan  berpikir kritis matematis peserta didik kelas XI pada materi matriks.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini adalah  metode  deskriptif kualitatif.  Penelitian  ini  dilakukan  di  SMK Muhammadiyah Kajen. Populasi  dalam  penelitian  ini adalah siswa    kelas  XI di SMK Muhammadiyah Kajen. Sampel dalam  penelitian  ini  adalah  kelas  XI  TKJ 1 yang berjumlah  33 siswa.  Instrumen  yang digunakan adalah  satu  soal  tes  yang  berupa soal uraian (HOTS) yang sesuai dengan indicator kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis yang telah    ditetapkan    oleh    peneliti    yang    meliputi menginterprestasi, menganalisis, mengevaluasi,   dan   menginferensi  Dari  hasil  tersebut  menunjukkan  bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Pada penelitian ini digunakan untuk menganalisis kemampuan berfikir kritis siswa SMK Muhammadiyah Kajen pada meteri matiks. Hasil penelitian menunjukkan bahawa hasil berfikir ktitis dalam mengerjakan soal HOTS pada materi matriks dalam kategori baik. Berdasarkan    hasil  analisis  data    dan  pembahasan  dilihat  dari  persentasenya  dapat disimpulkan  bahwa  penguasaan  materi  matriks  dan  aspek    afektif    berpikir kritis  siswa    sudah    baik  walaupun ada beberapa siswa yang belajarnya dan pemahamannya masih kurang.

Published
2024-01-10

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>