Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks
Abstract
Kompetensi penting yang harus dimiliki setiap individu pada era globalisasi adalah berpikir kritis. Tuntutan berpikir kritis dalam dunia pendidikan tertuang dalam tujuan kurikulum 2013. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XI pada materi matriks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Kajen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Kajen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKJ 1 yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah satu soal tes yang berupa soal uraian (HOTS) yang sesuai dengan indicator kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis yang telah ditetapkan oleh peneliti yang meliputi menginterprestasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menginferensi Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Pada penelitian ini digunakan untuk menganalisis kemampuan berfikir kritis siswa SMK Muhammadiyah Kajen pada meteri matiks. Hasil penelitian menunjukkan bahawa hasil berfikir ktitis dalam mengerjakan soal HOTS pada materi matriks dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dilihat dari persentasenya dapat disimpulkan bahwa penguasaan materi matriks dan aspek afektif berpikir kritis siswa sudah baik walaupun ada beberapa siswa yang belajarnya dan pemahamannya masih kurang.